Yesus, Adam yang Akhir dan Manusia Kedua




Alkitab menyebut Yesus sebagai Adam yang akhir dan manusia kedua. Paulus menulis kepada jemaat di Korintus:

“Seperti ada tertulis: “Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup”, tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan. Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah. Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga. Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga. “ (I Kor 15: 45-48).

Adam, Manusia pertama



Dua nama Yesus ini merupakan perbandingan diriNya dengan Adam. Adam adalah manusia pertama yang diciptakan. Alkitab berkata jika Allah membuat Adam dari debu bumi.

“Ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.” (Kejadian 2: 7).

Adam memiliki satu sifat alami dari manusia. Dia memiliki kemungkinan untuk tidak taat dan memang tidak taat pada Tuhan. Setelah dosa Adam dan Hawa, pengorbanan hewan mulai diperkenalkan Tuhan. Tapi darah binatang tidak bisa menghapus dosa Adam dan ras manusia. Allah harus mengorbankan sifat alamiah manusia yang sempurna sebagai ganti dari sifat alamiah manusia yang berdosa.

Yesus, Adam yang akhir


Yesus adalah Adam yang akhir dan Manusia Kedua. Dia adalah manusia terakhir yang tidak memiliki sifat alamiah berdosa. Sifat alami yang Dia miliki adalah manusiawi dan ilahi. Dia adalah manusia kedua, manusia dari sorga. Sebagai Manusia-Allah dia bisa menjadi korban yang sempurna untuk dosa dunia.

“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami. Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah. Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.” (2 Kor 5: 17-21).

Yesus, Manusia Kedua


Yesus bangkit dari kematian sebagai manusia kedua. Dia adalah yang pertama atau yang utama dari sebuah ras manusia baru. Ras manusia baru ini tidaklah seperti keturunan Adam. Yesus tidak dibangkitkan sendirian untuk menjadi satu-satunya Anak Allah yang dimuliakan. Tapi Dia menjadi yang pertama dari banyak saudara (Rom 8: 29). Dia adalah yang sulung dari saudara dan saudari, yaitu mereka yang menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat. Bapa menginginkan anak-anak yang dewasa secara rohani, yang serupa dengan Yesus.

Kesimpulan


Adam, manusia pertama, diciptakan sempurna dari debu tanah. Tapi Adam tidak taat dan membawa dosa ke dalam dunia. Yesus adalah Adam yang terakhir, dalam arti Dia adalah manusia terakhir yang tidak memiliki sifat berdosa. Walaupun Dia seperti Adam, karena tidak memiliki sifat berdosa, Dia berbeda dari Adam karena Yesus berasal dari sorga. Oleh karena Yesus mampu menjadi korban yang sempurna untuk menebus dosa manusia. Dia juga bangkit dari kematian untuk menjadi pemimpin dari sebuah ras manusia baru. Ras ini terdiri dari mereka yang telah mengalami kelahiran baru, yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Mereka menjadi anak-anak Allah. Kehendak Bapa untuk umat manusia baru ini adalah mereka bertumbuh menjadi serupa dengan Yesus, Anak yang Sulung.

Sumber: Buku “Penghidupan Orang Kristen yang Normal” (Watchman Nee) dam artikel "Why Is Jesus Called the Last Adam and The Second Man?"


Komentar

  1. ישוע המשיח
    Yeshua haMashiach
    Yeshua sang Mesias

    אדם האחרון
    Adam haAkharon
    Adam Terakhir

    אדם השני
    Adam haSheni
    Adam Kedua

    רוח מחיי
    Ruakh Mekhayah
    Roh yang Menghidupkan

    🕎✡🐟✝🕊🇮🇱

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah Alkitab Sudah Diubah, Diedit, Direvisi Isinya?

Apa Arti Efesus 1:17, Allah Tuhan Kita Yesus Kristus